Corona Mereda, UIN Antasari Lanjutkan Kerja Sama Lintas Negara

BANJARMASIN – Sempat terhenti akibat pandemi, akhirnya Universitas Islam Negeri Antasari melanjutkan kembali kerja sama internasional, yang kali ini menggandeng 2 pesantren di Provinsi Yala, Thailand

Mereka adalah Ma’had Al Bi’that Addiniah, dan Ma’had Al-Irsyad lil-Banat.

Kedua pimpinan pesantren ini bertatap muka secara virtual dengan pimpinan UIN Antasari, dari Ruang Rapat M. Asy’ari Lantai 2 Gedung Rektorat, Kampus Banjarmasin, Selasa (07/06/2022).

Seluruh pihak terkait pun menandatangani Nota Kesepahaman, yang tersambung lewat Zoom Meeting.

“Saya rase hari ini sangat bahagia, yang mana kita dapat kerja sama hari ini. InsyaAllah, hubungan dulu dari ulama-ulama Pattani dan juga ulama-ulama Banjar akan terus menerus dijalin dan disambung generasi pelapis masa depan,” ucap H. Razi Bensulong, Kepala Ma’had Al Bi’that Addiniah dengan logat khas melayu.

Ya, Rektor Prof. Dr. Mujiburrahman, S.Ag., M.A. menceritakan, kedua daerah ini memiliki sejarah panjang persahabatan di masa lalu, lewat ulama kharismatik masing-masing.

Beliau adalah Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari, yang akrab berteman dengan Syekh Dâwûd ibn ‘Abdullâh al-Fathânî semasa menempuh ilmu di Tanah Haram Makkah al-Mukarramah.

“Kami berharap kerja sama kita ini adalah suatu kelanjutan dari ikatan sejarah yang lama itu, dan kita membangun kembali hubungan yang baik ini sebagai sesama muslim, sebagai sesama warga Asia Tenggara, atau sebagai sesama Bangsa Melayu juga, yang bisa saling memahami bahasanya satu sama lain,” tegas rektor.

Perjanjian ini berupa kerja sama pengembangan pendidikan seperti kesempatan magang mengajar 3 bulan di Thailand, hingga terbukanya peluang berkuliah di Fakultas Syariah UIN Antasari untuk lulusan 2 pesantren tersebut.

MoU ini berlaku 5 tahun, yang salinannya akan dikirim kedua belah pihak untuk ditandatangani lengkap.

Turut berhadir dalam pertemuan ini Wakil Rektor II Bidang Kerja Sama dan Kemahasiswaan Dr. Irfan Noor, M.Hum, Dekan Fakultas Syariah Dr. Amelia Rahmaniah, M.H. beserta jajaran, Kepala Biro Administrasi Umum Perencanaan Keuangan dan Kepegawaian Dr. H. Adnan Nota, M.A., Karo Administrasi Akademik Kemahasiswaan dan Kerja Sama Drs. Rijalul Faqih, M.Si., Sub Koordinator Humas Ali Akbar, S.Ag., M.Pd.I., Sub Koordinator Kerja Sama dan Kelembagaan Rahimah, S.Ag., dan penghubung dua lembaga yakni Dr. H. Nuril Khasyi’in, Lc., M.A. (Fur/Ali/Yad)