BAN-PT Lakukan Asesmen Lapangan Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) di Kampus UIN Antasari Banjarmasin secara Daring

Jumat (11/06/2021) – Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) melakukan Asesmen Lapangan (AL) secara daring terhadap UIN Antasari Banjarmasin selama dua hari, Jumat-Sabtu (11-12/06/2021) untuk akreditasi terbaru. Asesor yang ditunjuk oleh BAN-PT adalah Dr. Sugeng Listyo Prabowo, M.Ag. (UIN Maulana Malik Ibrahim Malang), Prof. Dr. H. Muslimin Ibrahim, BA., M.Pd. (Universitas Negeri Surabaya), Prof. Dr. Samsubar Saleh, M. Soc, Sec.(Universitas Gadjah Mada Yogyakarta), dan Dr. Amil Ahmad Ilham, S.T, M.IT.(Universitas Hasanuddin).

Rektor UIN Antasari Banjarmasin Prof. Dr. H. Mujiburrahman, MA. dalam pembukaan kegiatan ini menyambut gembira adanya asesmen lapangan ini. “Kami sangat bersyukur dan terima kasih kepada BAN-PT khususnya kepada tim asesor yang menyempatkan waktunya yang sangat berharga untuk membantu kami dalam proses akreditasi ini, ini merupakan tanggung jawab kami dalam melaksanakan tugas di perguruan tinggi kepada pemerintah dan kepada masyarakat, juga ini tentu sangat bernilai bagi institusi kami dan bagi masa depan anak-anak kita di  masa yang akan datang” ucap Mujib.

Dalam kesempatan itu, Mujib juga memberikan apresiasi tim akreditasi UIN Antasari Banjarmasin, baik LPM dan tim Borang dan berbagai pihak baik dalam maupun luar kampus yang sudah bersedia membantu dan mempersiapkan segala hal sehingga terlaksananya asesmen lapangan ini. Ia berharap kegiatan akreditasi yang berlangsung Jumat hingga Sabtu ini berjalan lancar, tidak ada hambatan meskipun dilaksanakan  secara daring dan mendapatkan hasil terbaik.

Sementara itu, Perwakilan tim asesor BAN-PT Sugeng Listyo Prabowo menekankan bahwa kedatangan tim asesor dalam asesmen lapangan ini atas nama BAN-PT dan direkam sebagai bukti kegiatan untuk mengkonfirmasi terhadap data yang dikirim UIN Antasari Banjarmasin kepada BAN-PT yang berupa Laporan Evaluasi Diri dan Laporan Kinerja Perguruan Tinggi. “Dalam dua hari ini kita berharap ada kerjasama yang baik antara kami asesor dan perguruan tinggi UIN Antasari Banjarmasin sehingga proses asemen ini bisa berjalan dengan lancar, berjalan dengan baik dan kemudian bisa melaporkan sebagaimana apa yang terjadi di UIN Antasari secara kenyataan” tutur Sugeng.

Selain itu Sugeng berharap, tokoh-tokoh UIN Antasari dari berbagai wilayah bisa dihadirkan dalam kegiatan ini agar bisa berdiskusi untuk kemajuan bersama karena tugas asesor tidak hanya melakukan asesmen tapi banyak kewajiban yang dibebankan kepada asesor untuk memberikan rekomendasi pembinaan-pembinaan terhadap perguran tinggi di seluruh Indonesia.

Adapun kegiatan ini akan dilakukan dengan sembilan sesi; sesi dengan pimpinan Perguruan Tinggi; sesi konfirmasi dan klarifikasi data; sesi dengan penjaminan mutu; sesi dengan tim akreditasi; sesi dengan Manajemen PT; sesi dengan alumni dan pengguna eksternal; sesi dengan dosen; sesi dengan tendik dan sesi dengan mahasiswa. (HUMAS)