UIN Antasari Siap Tingkatkan Akreditasi

Senin (2018/08/06) –  Lembaga Penjaminan Mutu UIN Antasari Banjarmasin menyelenggarakan kegiatan Penguatan Akreditasi Jurusan/Prodi (C ke B/A)bertempat di Aula Zafry Zamzam. Hadir sebagai undangan adalah pejabat yang berwenang diantaranya Rektor Prof. Dr. H. Mujiburrahman, M.A., Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan Dr. H. Sukarni, Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Kemahasiswaan Dr. Hj. Nida Mufidah, M. Pd., Kepala Biro AUPKK Drs. Saifi, M. Pd., Kepala Biro AAKK Drs. Mukhlis., M. Pd., serta Direktur Pascasarjana, para Dekan, dan Ketua Jurusan/Prodi.

Kegiatan yang menghadirkan narasumber dari Ketua Lembaga Penjaminan Mutu UIN Sunan Kalijaga Jogjakarta Dr. M. Fakhri Husien, S.E., M. Si., ini diawali oleh sambutan dari Ketua Lembaga Penjaminan Mutu Dr. Husnul Yaqin. “Perlu kami sampaikan bahwa kita memiliki 36 prodi dengan rincian 1 prodi terakreditasi A, 27 terakreditasi B, 3 prodi terakreditasi C, dan sisanya belum terakreditasi. Maka dari itu kami mengadakan agenda penguatan akreditasi agar kita semakin semangat untuk reakreditasi,” jelasnya. Husnul juga menambahkan bahwa LPM siap memberikan pendampingan pada prodi yang akan reakreditasi meliputi pendampingan untuk penjelasan batas akhir penyampaian borang, review borang, audit internal, dan simulasi borang sebelum visitasi.

Sementara itu, Rektor Prof. Mujiburrahman menegaskan jika peningkatan akreditasi adalah pekerjaan yang tidak bisa ditunda. Sebelumnya UIN Antasari telah menyelesaikan migrasi data dari IAIN menjadi UIN pada Forlap Dikti. “Kita harus mempersiapkan diri untuk reakreditasi baik jurusan/prodi dan universitas, khususnya prodi terakreditasi C dan yang belum terakreditasi harus dibenahi. Tahun 2019 ada 14 prodi kita yang akan reakreditasi dan tahun 2020 kita akan melakukan reakreditasi institusi,” papar Mujib. Rektor juga menambahkan bahwa selain akreditasi juga harus meningkatkan mutu kampus. “Untuk dikategorikan sebagai universitas yang unggul, paling tidak minimal 1% dari jumlah dosen yang ada kita mengadakan Visiting Lecture dan 6% dari prodi yang ada sudah terakreditasi internasional,” imbuhnya lagi.

Agenda dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Dr. M. Fakhri Husien, S.E., M. Si dengan beberapa tema diantaranya Manajemen Strategic Berbasis Akreditasi, Pemantapan Isntrumen APT/APS 7 Standar, Outcome Based Quality Assurance & Pengenalan APT/APS 9 Kriteria, Simulasi Standar Borang APS, serta Persiapan Akreditasi dan Visitasi. (fdh/humas)

Tinggalkan Balasan