Rektor Teken Nota Kesepahaman dengan UIN Sunan Ampel Surabaya Sekaligus Kunjungan Peningkatan Wawasan

Rabu (10/10/2018) Rektor UIN Antasari Banjarmasin Prof. Dr.H. Mujiburrahman, MA beserta Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama Dr.Hj. Nida Mufidah, M.Pd., Kepala Kerja Sama, Kelembagaan dan Informasi Dra.Hj. Fauziah Hayati, MHI, Kasubbag. Kerja Sama Rahimah, S.Ag., Kepala Pusat Kewirausahaan dan Pengembangan Karir dan Bendahara Kopertais XI Kalimantan Hj. Isnaniah melakukan kunjungan peningkatan wawasan akademik, layanan dan pengelolaan lembaga ke UIN Sunan Ampel Surabaya. Kunjungan tersebut disambut langsung oleh Rektor UIN Surabaya Prof. Masdar Hilmy, S.Ag., MA, Ph.D di Ruang pertemuan Rektor Sunan Ampel Surabaya.

Turut berhadir dalam acara penyambutan tersebut Wakil Rektor I UIN Surabaya Wahidah Zein Br Siregar, Dra., MA., Ph.D, Wakil Rektor II UIN Surabaya Prof. Dr. H. Mashum, M.Ag, Kepala Biro AUAK Drs. H. Syamsul Bahri, M.Pd.I dan Sekretaris Kopertasi IV Surabaya Dr. M. Yunus Abu Bakar, M. Ag.

Kunjungan tersebut juga sekaligus dalam rangka penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama (Memorandum of Understanding) antara UIN Antasari Banjarmasin dengan UIN Sunan Ampel Surabaya tentang Pengembangan Tridharma Perguruan Tinggi dan Sumber Daya Manusia.

Prof. Masdar Hilmy, S.Ag., MA, Ph.D dalam sambutannya menyampaikan bahwa sangat menyambut baik sekali kunjungan yang dilakukan UIN Antasari Banjarmasin ke UIN Sunan Ampel Surabaya. Hal tersebut menurutnya merupakan titik penguatan untuk melakukan kerja sama saling menguatkan antar dua lembaga, tidak hanya pada bidang pembelajaran saja, namun juga bidang lain seperti visiting professor/lecturer, pengabdian pada masyarakat dan sebagainya

Selanjutnya, Prof. Dr. H. Mujiburrahman, MA dalam sambutannya juga menyampaikan bahwa antara masyarakat Banjar dengan Jawa Timur ini memiliki hubungan yang sangat dekat, baik segi letak geografis, juga kultur/budaya masyarakatnya. Untuk itu, menurut Guru Besar Sosiologi Agama tersebut Kerja Sama antara UIN Antasari Banjarmasin dengan UIN Sunan Ampel Surabaya sudah semestinya dijalin.

Dalam kesempatan tersebut Rektor UIN Antasari Banjarmasin beserta rombongan dengan didampingi oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan UIN Sunan Ampel Surabaya juga secara khusus berkunjung ke Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) UIN Sunan Ampel Surabaya. Dimana FISIP merupakan salah satu fakultas terbaik di UIN Sunan Ampel Surabaya, utamanya bidang pelayanan akademik dan kemahasiswaan.

FISIP UIN Sunan Ampel Surabaya menerapkan program pelayanan One Day Service (ODS) dengan konsep satu atap – satu pintu dalam hal surat-menyurat untuk keperluan akademik dan kemahasiswaan. FISIP juga menyediakan ruang khusus untuk konsultasi mahasiswa dengan dosen dan bahkan setiap orang baik mahasiswa maupun pimpinan, pendidik dan tenaga kependidikan  diwajibkan setiap harinya untuk melaksanakan tadarrus al Qur’an secara bersama-sama dan berdo’a sebelum memulai pelajaran dan melakukan aktivitas .

Dalam hal pelayanan, FISIP UIN Sunan Ampel Surabaya juga menyediakan buku catatan khusus di front desk FISIP yang diperuntukkan bagi mahasiswa untuk melaporkan hal-hal yang mengganggu kualitas pelayanan dan kenyamanan belajar. Rekaman dalam catatan tersebut selalu dibahas untuk ditindak-lanjuti setiap harinya pada saat pelaksanaan Koordinasi Pagi (KOPI), yaitu pengarahan sekaligus penguatan komitmen kerja dan pemberian motivasi singkat oleh pimpinan sebelum memulai aktivitas kerja.

Dalam kunjungan tersebut Prof. Mujiburrahman, MA beserta rombongan tidak hanya melakukan sharing terkait layanan-layanan akademik dan kemahasiswaan namun juga berkaitan dengan pembinaan dan pengembangan minat bakat mahasiswa, salah satunya bidang paduan suara. Bahkan, Rektor UIN Antasari Banjarmasin tersebut juga diajak untuk melihat secara langsung fasilitas-fasilitas layanan yang disediakan di FISIP UIN Sunan Ampel Surabaya.

(rdh-humas)

Tinggalkan Balasan