Powered by Translate
Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur SPAN dan UM-PTKIN 2017
SPAN-UM PTKIN 2018 Resmi Dibuka
Filed Under: Rilis Berita Tuesday, 30 January 2018 pukul 13:23 WITA — Dilihat 809 kali
Bagikan Tulisan Ini

Senin, (29/01/2018), Menteri Agama RI, Lukman Hakim Syaifuddin resmi membuka Seleksi Prestasi Akademik Nasional-Ujian Masuk (SPAN-UM) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) tahun 2018 di Jakarta. Mengusung tema “Gerbang Masa Depan Insan Paripurna”, terdapat banyak hal yang dibahas dalam peluncuran SPAN-UM PTKIN 2018 kemarin.

Menag meminta semua pimpinan PTKIN mengawal perkembangan semua program studi keislaman. Menurutnya, fenomena minimnya peminat calon mahasiswa terhadap jurusan atau program studi keislaman harus segera direspon. Sementara itu, program studi yang sangat diminati mahasiswa saat ini adalah Ekonomi dan Perbankan Islam. “Harus ada upaya merespon hal ini,” tutur Menag. Bagi UIN Antasari sendiri, harapan Menag telah berhasil diwujudkan dengan dibukanya Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam tahun akademik 2018/2019 mendatang.

Terpisah, Sekjen Kemenag Nur Syam meminta agar PTKI menjadi bagian yang dapat mencerdaskan masyarakat Indonesia dengan literasi agama, yakni kemampuan melihat dan menganalisis titik temu antara agama dan kehidupan sosial, politik, dan budaya dari beragam sudut pandang. “PTKI harus menggalakkan tentang moderasi agama dan  masyarakat harus dicerdaskan dengan memperbanyak literasi agama,” ujar Nur.

Skema penerimaan mahasiswa asing juga dimasukkan pada seleksi tahun ini. Menurut Dirjen Pendidikan Islam, Kamaruddin Amin, hal tersebut dilakukan agar PTKIN dapat memperluas pengaruh dan mendapatkan pengakuan di tingkat Internasional. “PTKIN harus membuka diri terhadap mahasiswa asing, bahkan harus berani memberikan beasiswa paling tidak biaya UKT. Terkait living cost, saya dan Direktur PTKI akan berusaha untuk mencarikan,” katanya. Lebih lanjut, Dirjen Pendis berharap bahwa tahun 2019 semua UIN sudah terakreditasi A. Untuk IAIN dan STAIN juga harus ditingkatkan minimal sudah tidak ada yang terakreditasi C. Sejauh ini, UIN Antasari telah terakreditasi B dan mendorong akreditasi program studi menjadi A sehingga dapat meningkatkan akreditasi universitas.

Sebanyak 57 PTKIN akan menyelenggarakan SPAN UM PTKIN 2018. Pendaftaran SPAN PTKIN dijadwalkan berlangsung dari 1 – 29 Maret 2018. Hasil seleksinya akan diumumkan pada 1 Mei 2018. Untuk pendaftaran UM PTKIN, rencananya akan dibuka mulai 12 April – 8 Mei 2018. Ujian akan digelar pada 22 Mei dan hasilnya diumumkan pada 10 Juli. (Courtesy of Kemenag RI).

  • KOMENTARI
  • DISKUSIKAN
  • TULISAN LAINNYA
  • TERPOPULER
  • BERITA LPM SUKMA
MENJELANG PEMILWA 2018
Diposting pada lembaga pers tanggal 14 February 2018 pukul 5:49 am

Logo Panitia Pemilihan Mahasiswa UIN Antasari BanjarmasinUIN Antasari akan melaksanakan agenda rutin tahunan yaitu Pemilihan Umum Mahasiswa (PEMILWA) yang dilaksanakan oleh Panitia Pemilihan …

AF MENJADI AFI
Diposting pada lembaga pers tanggal 9 February 2018 pukul 9:13 am

Lambang Jurusan Akidah dan Filsafat Islam UIN Antasari BanjarmasinSalah satu jurusan pada Fakultas Ushuluddin dan Humaniora, yaitu Akidah Filsafat (AF) sekarang berubah nama menjadi Akidah dan …

PROMOSI FEBI, VOUCHER UMRAH LIMA RATUS RIBU TIDAK BISA DIUANGKAN
Diposting pada lembaga pers tanggal 9 February 2018 pukul 9:04 am

Voucher Paket Umroh Ramadhan dan SyawalDalam rangka promosi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) mengadakan acara senam bersama dan gotong royong, Jum’at (9/2). Acara yang dihadiri ratusan …

UIN Antasari Banjarmasin
To Top