Powered by Translate
Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur SPAN dan UM-PTKIN 2017
Sarjana Hukum yang Kompeten
Filed Under: Rilis Berita Tuesday, 25 July 2017 pukul 09:00 WITA — Dilihat 280 kali
Bagikan Tulisan Ini

Tridharma Perguruan Tinggi mencakup pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Wujud tridharma perguruan tinggi salah satunya adalah pengalaman atau praktik di instansi-instansi resmi yang relevan dengan jurusan atau program studi yang ditempuh oleh para mahasiswa. Dalam kaitan dengan hal tersebut, Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam UIN Antasari menugaskan para mahasiswanya untuk melakukan magang di Pengadilan-Pengadilan yang berada di wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah, baik Pengadilan Negeri, Pengadilan Agama, maupun Pengadilan Tata Usaha Negara.

Dua dari pengadilan yang menjadi tempat magang itu adalah Pengadilan Agama Banjarbaru dan Pengadilan Agama Rantau.

Tahun 2017 merupakan tahun kesekian PA Banjarbaru dipilih oleh UIN Antasari untuk menjadi tempat magang para mahasiswa. Ketua PA Banjarbaru dalam sambutannya ketika menerima rombongan mahasiswa yang didampingi oleh beberapa dosen menyambut baik adanya mahasiswa magang. Ia juga berharap agar kerjasama penempatan mahasiswa magang dapat terus berjalan dengan baik sehingga antara kampus dengan pengadilan terjalin sinergi yang pada dalam mencetak para sarjana hukum yang kompeten.

Gelar Sarjana Hukum (SH)

Untuk diketahui, bahwa terhitung sejak April 2017 atau sejak IAIN Antasari resmi berubah nama menjadi UIN Antasari, gelar akademik yang diperoleh mahasiswa yang telah menyelesaikan studi di Fakultas Syariah UIN Antasari adalah Sarjana Hukum (SH), bukan lagi sarjana syariah. Ini merupakan wujud pengakuan dan penyetaraan Fakultas Syariah dengan Fakultas Hukum dikarenakan muatan mata kuliah di Fakultas Syariah memang sudah setara dengan Fakultas Hukum, bahkan pada satu sisi memiliki kelebihan karena adanya suplementasi hukum Islam dengan bobot SKS yang signifikan. Ini tentu menjadi kabar gembira bagi para mahasiswa karena dengan penyetaraan gelar tersebut, maka kompetisi untuk berkarir di bidang hukum semakin terbuka. Alumni fakultas syariah dapat berkarir di banyak bidang hukum, termasuk menjadi Advokat, Konsultas Hukum, Jaksa, Polisi, dan yang lebih penting dapat menjadi Hakim, tidak hanya di Peradilan Agama, namun juga di Peradilan Umum dan Peradilan Tata Usaha Negara. Demikian ditegaskan oleh Dosen pendamping dalam acara penyambutan mahasiswa di Ruang Sidang Utama PA Banjarbaru

Untuk kegiatan magang kali ini, Ketua PA Banjarbaru, Drs. H. Saifudin, M.HI., menunjuk Hakim M. Natsir Asnawi, SHI., MH. sebagai pamong (mentor) para mahasiswa selama menjalani kegiatan dimaksud. Kegiatan magang sendiri berlangsung selama satu bulan dari tanggal 3 Juli 2017 – 4 Agustus 2017.

Bantu Mahasiswa

Sementara itu, sebanyak 10 orang mahasiswa/i dari UIN Antasari Banjarmasin hadir dalam acara penyambutan mahasiswa magang/i praktikum B di ruang sidang Pengadilan Agama Rantau pada hari Senin 3 Juli 2017. Kegiatan tersebut dihadiri oleh pimpinan Pengadilan Agama Rantau, Pamong dan mahasiswa/I praktikum B. Ke sepuluh orang tersebut merupakan mahasiswa/i dari prodi Ahwal Al-Syakhshiyah (Hukum Keluarga) fakultas Syariah dan Ekonomi Islam UIN Antasari.

Ketua Pengadilan Agama Rantau Drs. H. Rakhmat Hidayat HS., S.H, MH. mengucapkan terima kasih kepada Pimpinan Fakultas Syariah UIN Antasari yang telah mempercayakan kepada Pengadilan Agama Rantau yang telah menjadikan tempat magang Mahasiswa/i Praktikum B.

Ketua Pengadilan Agama turut berharap pelaksanaan magang ini dapat dijadikan mahasiswa/i dalam menimba ilmu khususnya yang berkaitan dengan kegiatan yang ada di Pengadilan Agama dan diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam penerapan ilmu pengetahuan yang telah diterima selama perkuliahan.

Ketua PA Rantau secara langsung menunjuk Ahmad Fahlevi, S.H.I Hakim Madya Pratama Pengadilan Agama sebagai pamong praktikum B di Pengadilan Agama Rantau yang akan berlangsung dari tanggal 3 Juli 2017 s/d 28 Juli 2017.

“Semoga dengan adanya pamong tersebut, kegiatan praktikum mahasiswa/i lebih terarah dan dapat mengevaluasi dengan baik,’’ ucap Rakhmat Hidayat sebelum mengakhiri  sesi sambutan. Kegiatan magang ini dibimbing oleh Prof. Dr. H. M. Fahmi Al-Amruzi, M.Hum selaku supervisor mahasiswa/i praktikum B. (Courtesy: PTA Banjamasin; Reporter PA Rantau dan PA Banjarbaru; http://iielaw.org)

  • KOMENTARI
  • DISKUSIKAN
  • TULISAN LAINNYA
  • TERPOPULER
  • BERITA LPM SUKMA
Mudahnya Memahami al-Qur'an dengan Tamyiz
Diposting pada lembaga pers tanggal 4 December 2017 pukul 8:12 am

Mahasantri Mahad al-Jami’ah Antasari ramai memenuhi jalan utama kampus, dimulai dari depan asrama menuju gedung Auditorium Masturi Jahri. Mereka tampak bersemangat untuk mengikuti kegiatan …

Putra Putri Antasari Jadi Harapan Kampus Hijau di Tengah Masyarakat
Diposting pada lembaga pers tanggal 4 December 2017 pukul 6:52 am

Suasana grand final Putra Putri Antasari (PPA) ke-6 berjalan cukup meriah, Minggu malam (3/12) di Auditorium Masturi Jahri.  Meskipun pada awal pembukaan malam puncak itu terlihat lengang. Namun …

Putra Putri Antasari Jadi Harapan Kampus Hijau di Tengah Masyarakat
Diposting pada lembaga pers tanggal 4 December 2017 pukul 6:36 am

Suasana grand final Putra Putri Antasari (PPA) ke-6 berjalan cukup meriah, Minggu malam (3/12) di Auditorium Masturi Jahri.  Meskipun pada awal pembukaan malam puncak itu terlihat lengang. Namun …

UIN Antasari Banjarmasin
To Top