Powered by Translate
Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur SPAN dan UM-PTKIN 2017
Peluncuran KNKS, Dosen UIN Antasari Diundang ke Istana Negara  
Filed Under: Rilis Berita Thursday, 27 July 2017 pukul 10:17 WITA — Dilihat 372 kali
Bagikan Tulisan Ini

UIN Antasari patut bersyukur. Pasalnya, salah satu dosen UIN Antasari diundang ke Istana Negara untuk menghadiri peluncuran Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS), Kamis (27/07/2017) di Istana Negara.

Ditemui di sela-sela kesibukannya, Dr. Muhaimin, S.Ag. M.A. yang juga ketua umum Ikatan Ahli Ekonomi Islam (IAEI) Kalimantan Selatan memilih merendah. “Undangan kepada kami tidak terlepas dari peran dan kontribusi IAEI serta UIN Antasari,” tutur Pengurus Indonesian Fiscal dan Tax Administration Association (IFTAA) Wilayah Kalimantan Selatan itu.

Jebolan doktor UIN Sunan Kalijaga itu menambahkan, pembentukan KNKS diharapkan dapat mempercepat pembangunan ekonomi syariah di Indonesia. “Tentu KNKS diharap membuat pangsa pasar keuangan syariah nasional melampaui lima persen dalam jangka pendek. KNKS akan mengembangkan industri keuangan syariah, termasuk tata kelola, SDM, optimalisasi zakat wakaf dan hal lain yang relevan dengan pembangunan ekonomi syariah,” papar Muhaimin.

Seperti diketahui, pada awal November lalu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menandantangani Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 91 Tahun 2016 tentang Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS). Komite ini bertujuan untuk mendukung pembangunan ekonomi nasional dan mendorong percepatan pengembangan sektor keuangan syariah.

Selain itu, komite ini dibentuk sebagai cara untuk memperkuat koordinasi, sinkronisasi dan sinergi antarotoritas, kementerian/lembaga dan pemangku kepentingan lain di sektor keuangan syariah. KNKS merupakan lembaga non struktural yang bertugas mempercepat, memperluas dan memajukan pengembangan keuangan syariah dalam rangka mendukung pembangunan ekonomi nasional.

Menurut Perpres ini, KNKS dipimpin oleh Presiden Republik Indonesia sebagai Ketua, dan dibantu oleh Wakil Presiden sebagai Wakil Ketua. Sedangkan Dewan Pengarah beranggotakan Menko Perekonomian, Menteri PPN/Kepala Bappenas, Menteri Keuangan, Menteri Agama, Menteri BUMN, Menkop dan UKM, Ketua Dewan Komisaris Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Gubernur Bank Indonesia (BI), Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI). (MHM).

 

  • KOMENTARI
  • DISKUSIKAN
  • TULISAN LAINNYA
  • TERPOPULER
  • BERITA LPM SUKMA
Mudahnya Memahami al-Qur'an dengan Tamyiz
Diposting pada lembaga pers tanggal 4 December 2017 pukul 8:12 am

Mahasantri Mahad al-Jami’ah Antasari ramai memenuhi jalan utama kampus, dimulai dari depan asrama menuju gedung Auditorium Masturi Jahri. Mereka tampak bersemangat untuk mengikuti kegiatan …

Putra Putri Antasari Jadi Harapan Kampus Hijau di Tengah Masyarakat
Diposting pada lembaga pers tanggal 4 December 2017 pukul 6:52 am

Suasana grand final Putra Putri Antasari (PPA) ke-6 berjalan cukup meriah, Minggu malam (3/12) di Auditorium Masturi Jahri.  Meskipun pada awal pembukaan malam puncak itu terlihat lengang. Namun …

Putra Putri Antasari Jadi Harapan Kampus Hijau di Tengah Masyarakat
Diposting pada lembaga pers tanggal 4 December 2017 pukul 6:36 am

Suasana grand final Putra Putri Antasari (PPA) ke-6 berjalan cukup meriah, Minggu malam (3/12) di Auditorium Masturi Jahri.  Meskipun pada awal pembukaan malam puncak itu terlihat lengang. Namun …

UIN Antasari Banjarmasin
To Top